Sabtu, 12 Maret 2011

Merawat tledekan

Berhubung baru dapet tledekan dan belum tau cara merawat nya, saya cari-cari artikel bagaimana cara merawat tledekan. Berikut ini salah satu artikel yang saya repost dari BLOG BURUNG KICAUAN

  1. Pagi pukul 06:00 ( lebih pagi lebih baik ) keluarkan burung dari rumah, buka kerodong dan biarkan bururng berkicau,
  2. Pukul 07:00 burung dimandikan menggunakan keramba, kalau burung tidak mau masuk keramba, bisa menggunakan Handspray dengan catatan burung tidak takut kalau kena semprot air, bila disemprot burung tidak tenang (loncat sana-loncat sini), maka proses memandikan jangan diteruskan, karena burung akan menjadi stess, lebih baik menggunakan bak kecil yang dimasukkan kedalam sangkar dan biarkan burung mandi dengan puas.
  3.  Pukul 07:30 burung mulai dijemur, dan berikan jangkrik 3-5 ekor dan 2 ekor ulat hongkong (diberikan 3X dalam seminggu), saat penjemuran lebih baik Voor dan minuman tidak diberikan,
  4. Setelah burung dijemur antara 2-3 jam (tergantung kondisi burung tersebut tahan dijemur lama apa tidak), burung diangin-anginkan selama beberapa menit.
  5. Berikan makanan dan minuman serta kroto secukupnya, dan burung kembali diangin-anginkan selama beberapa menit, kemudian burung dikerodong untuk istirahat.
  6. Sore harinya pukul 15:00 burung kembali di keluarkan dan prosesnya sama dengan pagi hari, dimandikan dan dijemur, Setelah di jemur dan diangin-anginkan, berikan 3-5 ekor jangkrik dan kroto secukupnya (jangan terlalu banyak) kemudian burung kembali dianginkan sampai agak gelap, barulah setelah itu dikrodong.
Selamat mencoba......

Tidak ada komentar:

Posting Komentar